Sabtu, 08 Juni 2013

CARA MEMILIH BRANJANGAN YANG BAGUS SEERI APA??

Disini saya mau mencoba berbagi dengan om-om sekalian tentang seklumit apa yang saya tau…
Seperti kita ketahui bersama, kunci sukses dalam memelihara burung adalah ketelatenan dan konsisten
Memang banyak hal juga yg mendukung untuk keberhasilan tersebut, contoh dari segi bahan itu sendiri, perawatan, pola pakan, dll.
Dalam dunia burung kicau, kita kenal dengan istilah katuranggan. Apa itu katuranggan??
Katuranggan menrut saya adalah “tampilan fisik dari seekor burung yang bisa dilihat dengan kasat mata dan di yakini dapat mempengaruhi terhadap kwalitas burungan nantinya.”
Memang jika difikir secara logika tidak masuk di akal antara bentuk dan kwalitas, tapi ini terbukti sejak jaman dahulukala. Berdasarkan pengalaman turun temuru oleh orang-orang/penghobi yang telah mengamati dampak klasual yang terbentuk antara katuranggan dan kwalitas burungn nantinya.
Tapi ini bukan patokan baku, karna katuranggan hanya berlaku sekitar 30% saja, maka sisanya adalah dari segi perawatan yang baik.
Ok langsung saja, mimilih branjangan yang baik sesuai katuraggan

Pemilihan bahan yang baik versi saya:
  • BRANJANGAN BERKELAMIN JANTAN
  • BERMENTAL BAIK
Bahan bermental baik biasanya di tandai dengan gerakan yang tenang dan mapan.
Maksudnya jika kita amati branjangan ini bergerak wajar (loncat-loncat kecil,lari-lari) itu hal wajar karna yang kita bicarakan burung bahan yag baru di tangkap dari alam.

  • BERKATURANGGAN BAIK
Katuranggan yang baik bisa di liat dari MATA,PARUH,KEPALA,EKOR,POSISI BERDIRI DAN KAKI

MATA
Pilih Branjangan yang memiliki mata yang buat sempurna,besar dan melotot.
Cari  yang bermata bersih bersinar, biasanya cenderung bermental baik dan pintar.
PARUH
Paruh Branjangan saya golongkan mejadi 3 golongan berdasarkan kawalitasnya
  • Branjangan yang memiliki paruh besar tebal dan panjang
    dengan paruh bagian atas sedikit melungkung dan paruh bawah tetap lurus
    diyakini burung dapat membawakan lagu dengan volume yang bagus (diatas rata-rata) , memiliki kombinasi pembawaan lagu baik ngerol maupun nembak yang baik dan jelas.
Nb:Kekurangan dari branjangan yang memiliki paruh seperti ini biasanya, membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk jadi (asumsi kita rawat dari bahan).
  • Branjangan yang memiliki paruh besar tebal dan pendek, jika dilihatseperti paruh burung gelatik. Branjangan berparuh seperti ini biasanya cenderung berlagu ngerol dengan volume yang dahsyat.
Nb:Kekurangan dari branjangan yang memiliki paruh seperti ini biasanya, membutuhkan waktu  yang sedikit lebih lama untuk jadi (asumsi kita rawat dari bahan
  • Branjangan yang memiliki paruh panjang dan tipis, Cenderung mudah untuk bunyi dan jadi.
Cocok untuk yang baru pertama coba-coba pelihara Branjangan agar tidak bosan menunggu.
Biasanya Branjangan dengan tipe paruh seperti ini cenderung membawakan lagu yang ngerol nembak dan Kristal.
Nb: Kekurangan dari branjangan yang memiliki paruh seperti ini biasanya, volume suara pas-pasan dan dalam membawakan lagu kurang jelas.

Untuk masalah lubang hidung, cari branjangan yang memiliki lubang hidung yang kecil (seperti kenari seed), biasanya mampu membawakan lagu yang panjang dan bersuara Kristal. Sebaliknya dengan yg berhidung besar cenderung los kalau bunyi
mungkin nafas cepet abis kali yaaaaa hehehheheheh :P

KEPALA
Branjangan yang baik memiliki kepala yang besar dengan pangkal paruh yang lebar.Jika di lihat cenderung berbentuk kotak, biasanya burung berkepala besar cerdas dan mudah meniru masteran. (mungkin karna massa otak yang besar juga kali yaaaa :D)
EKOR
Branjangan yang baik memiliki ekor yang panjang, serasi dengan panjang kaki, badan dan leher.Ekor rapih dan menggumpal jadi satu, tidak mebuka atau ngipas. Biasanya burung yang memiliki ekor yang menggumpal rapih bermental bagus dan tidak kagetan.
POSTUR TUBUH
Branjangan yag baik memiliki postur tubuh yang atletis. Ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil (sedang-sedang saja), memiliki dada yang bidang dan berdiri tegap.Kalau bisa cari yang jika berdiri bentuk tubuh menyerupai bentuk huruf S, selain enak di pandang, burung juga biasanya bermental bagus.
KAKI
Branjangan yang baik, memiliki kaki yang jenjang dan kering. Biasanya burung seperti ini lebih mudah jadi dan enak di pandang.

kadang ada orang yang karna feel nya sudah kuat, bisa melihat sekilas saja sudah tau bakal bagaimana kedepannya :)satau catatan yang saya dapat dari guru saya yang notabene ayah saya sendiri, beliau bilang begini"SEBAGUS APAPUN BURUNGNYA KALO GA COCOK DI HATI GA USAH DI BELI, SEBLIKNYA SEKURANG APAPUN BURUNG KALODAH SREG DAN COCOK DI HATI BUNGKUS"itu kata-kata beliau yang ga akan saya lupa :)mungkin ini dulu shara dari saya
mungkin om-om yang lain mau menambahkan, monggo dengan senang hati


Sumber : http://www.facebook.com/groups/109272255786592/doc/305315432848939/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar