Jumat, 19 Oktober 2012

Informasi Umum Lovebird di Indonesia

JENIS-JENIS LOVEBIRD
----------------------------
Lovebird yang umum ada di Indonesia terdiri dari dua jenis, yaitu:
  1. Tipe kacamata / klep yang terdiri dari dua species: Agapornis Personata / Dakocan kepala hitam dan Agapornis Fischeri / Dakocan kepala emas. Ciri-2-nya adalah adanya ring berwarna putih disekitar mata, jadi seolah-2 mereka ini berkacamata.
  2. Tipe non-kacamata / non-klep yang hanya terdiri dari satu spesies yaitu Agapornis Roseicollis / Peachface.

Yang tidak umum ada dua lagi dari tipe kacamata yaitu Agapornis Nigrigenis / Dakocan pipi hitam dan Agapornis Liliane / Nyasa.

Untuk jenis-2 mutasi dari spesies lovebird, harap membuka album foto saya "Agapornis Personata" dan "Agapornis Roseicollis". Standar penamaan jenis-jenis lovebird yang saya pakai adalah berdasarkan konvensi penamaan internasional klub lovebird Belgia.

HARGA LOVEBIRD di INDONESIA
----------------------------------------------
Dari pengalaman saya di Surabaya, harga non-klep non-opaline berkisar antara 200rb - 400rb. Untuk tipe opaline berkisar 1jt keatas. Untuk harga kacamata saya hanya tahu untuk hijau standar mulai dari 400rb sampai dengan 1.5jt untuk warna-2 lain yang langka. Lutino kacamata baik mata merah maupun mata hitam harga melambung terus 2jt ke atas. Saya TIDAK tahu dan TIDAK mengikuti harga pasar jadi harap jangan tanya harga ke saya :) (ini pada Februari 2011)


DASAR BETERNAK LOVEBIRD / CIRI-2 JANTAN & BETINA
--------------------------------------------------------------
Secara umum antara spesies kacamata dan non-kacamata tidak kompatibel untuk dikawinkan karena anaknya bakal mandul, dimana ini adalah bentuk seleksi alam. Untuk sesama tipe kacamata dapat saling disilangkan dan anak akan subur, cuman hal ini tidak dianjurkan untuk menjaga galur murni lovebird tersebut.

Untuk memasangkan lovebird adalah hal yang gampang-2 susah karena kecuali kalau sudah pernah produksi, tidaklah mudah untuk menentukan secara pasti jenis kelamin sebuah lovebird. Juga bukanlah tidak mungkin karena tidak ada pilihan lain bahwa sepasang lovebird yang berkelamin sama akan saling berpasangan.

Usia kematangan lovebird secara seksual adalah 12-14 bulan untuk jenis kacamata dan 10 bulan untuk jenis non-kacamata, seusai mabung dewasa pertama, meskipun bisa lebih cepat tergantung individu LB masing2. Untuk hasil breeding yang terbaik sebaiknya ditunggu sampai mereka berusia 18 bln. (sama dengan manusia, umur 13thn sudah puber tapi siap jadi ortu kan bukan saat puber itu juga)

Beberapa cara yang diklaim orang bisa dipergunakan untuk menentukan ciri lovebird adalah:
  1. Diraba supit urangnya. Supit urang adalah dua tulang yang berakhir di pantat lovebird, diklaim bahwa lebar antara dua supit urang ini akan menentukan jenis kelamin burung tersebut. Hal ini tidak seluruhnya benar karena jika lovebird yang bersangkutan masih muda (belum dewasa secara seksual) maka dua supit urangnya akan cenderung rapat. Juga untuk burung dewasa jika yang betina tidak sedang birahi, maka akan susah untuk meraba hal ini.
  2. Dilihat bentuk paruhnya dari depan. Diklaim bahwa untuk LB jantan maka paruhnya akan lebih tajam dan sempit bentuk segitiganya dari LB betina.
  3. Dilihat dari cara bertenggernya, LB jantan berdiri dengan posisi kaki lebih rapat dari LB betina.
  4. Dilihat dari ukuran bodinya, LB betina lebih besar secara fisik dari LB jantan.
  5. Dilihat bentuk ekornya, ekor LB betina lebih rata sementara ekor LB jantan berbentuk V

Dari pengalaman saya sendiri, semua metoda diatas ada benarnya dan ada salahnya, jadi memang tidak bisa dipakai panduan 100%. Metode dimana bisa dipastikan jenis kelamin lovebird adalah benar-2 jantan dan betina adalah dengan cara endoskopi, yaitu dibawa ke dokter hewan (yang mengerti mengenai burung) yang akan membius burung yang bersangkutan kemudian diperiksa jenis kelaminnya yang terdapat didalam perut burung yang bersangkutan. Metode kedua yang cukup dijamin 99% adalah dengan tes DNA, meskipun untuk melakukan hal ini perlu mengirim sampel biologis ke laboratorium di Eropa atau AS. Harga cukup mahal yaitu sekitar 150-200rb / tes, belum termasuk deklarasi kesehatan / karantina, biaya kirim surat ke sana, dll.
============================================================

Glodog/Sarang

Untuk jenis kotak sarang, lovebird bisa menggunakan sarang kotak biasa asal bahan kayunya tidak terlalu tipis karena sebentar saja pasti sudah dihancurkan oleh lovebird. Kotak satu tingkat maupun dua tingkat sama saja meskipun saya lebih suka satu tingkat karena lebih mudah untuk memasukkan tangan kedalam kotak jika diperlukan.

Informasi berikut adalah untuk kotak satu ruang saja: Untuk bahan sarang saya menggunakan kayu serut yang dijual umum untuk kelinci/hamster. Anginkan kayu serut ini 1-2 hari untuk menghilangkan bau/debu halus jika perlu, kemudian tuang kedalam kotak hingga sekitar setengah dari kotak tersebut penuh. Pastikan agar debu-2 kayu yang terlalu halus tidak ikut tertuang karena bisa mengganggu saluran pernafasan. Ini sudah cukup untuk pasangan lovebird tersebut dan merupakan metode tercepat untuk mempersiapkan kotak sarang. Yang perlu diperhatikan adalah lantai sarang jangan sampai menjadi datar karena anak lovebird bakal bermasalah kakinya (istilahnya adalah "splay leg", saya tidak tahu indonesianya, bisa di google untuk cari tahu contohnya). Inilah kenapa saya menyarankan penuangan kayu serut sebanyak setengah kotak karena si indukan cewek biasanya akan mengais serutan kayu untuk 'mendekorasi' kotak sesuai selera si dia, jika serutan kayu terlalu sedikit maka lantai kotak akan tercapai. Jika ingin menambah batang padi atau bahan-2 lain juga tidak ada masalah. Gantilah kayu serut ini setiap satu siklus ternak jika memungkinkan karena yang lama bakal tertimbun oleh kotoran anakan lovebird. Kelebihan lain kayu serut kelinci/hamster ini adalah sifatnya yang mengikat kotoran sehingga kering.
============================================================

Siklus Bertelur

Siklus bertelur lovebird adalah sekitar dua minggu setelah mereka diberi kotak sarang maka telur pertama akan keluar dan setelah itu akan ada telur baru setiap dua hari sekali. Biasanya lovebird akan bertelur antara 2-8 butir dan normal jika tidak semua menetas. Masa pengeraman telur adalah 21-25 hari (biasanya mulai dari telur ke-3 atau ke-4). Dari mulainya masa pengeraman, bisa dilihat seminggu kemudian apakah telur LB subur atau tidak dengan cara dilterawang dengan sumber cahaya yang kuat/senter. Jika ada titik gelap di tengah dan dari titik tersebut menjalar jalur pembuluh darah, maka telur tersebut telah tersemai.

Agar Cepat Bertelur

Pemacu birahi lovebird adalah jumlah makanan yang cukup dan gizi yang lengkap. Makanan harus diberikan EF (extra food) jagung, jagung muda, kangkung, wortel parut, brokoli dan sayur mayur lainnya.. Buah bisa diberikan sebagai selingan tapi jangan terlalu sering dan tidak jalam jumlah banyak karena buah bersifat laksatif ke lovebird (penyebab buang air besar), jika kebanyakan menyebabkan diare (lihat daftar larangan makanan di bawah). Jangan lupa asinan/sotong (tulang ikan yang oval pipih) karena ini pelengkap kalsium untuk induk lovebird. Hal lain adalah lamanya sinar matahari dan kelembaban yang cukup meskipun kita di Indonesia tidak perlu mengkuatirkan dua hal yang terakhir ini. Untuk membantu menjaga kelembaban pada musim kemarau bisa ditaruh satu ember air dibawah/didekat kandang lovebird.

Jika anak sudah menetas usahakan untuk tidak menganggu / memegang anakan tersebut sampai mereka berumur 10-14 hari. Jika para indukan tidak biasa diganggu / dilihat oleh orang maka mereka akan memilih untuk membunuh anak mereka karena persepsi anak mereka akan dimangsa oleh anda, efek lain adalah si anak mungkin tidak diberi makan lagi. Sifat setiap indukan berbeda-2 jadi ketahuilah sifat lovebird anda sendiri. Memberi makan secara manual dengan tangan/meloloh sendiri bukanlah hal yang mudah dan saya sarankan jangan kecuali anda tahu apa yang anda lakukan. Untuk menjaga kejinakan dari anak lovebird, cukup dikeluarkan / dipegang sekitar 30 menit / hari setelah mereka berumur dua minggu setiap hari. Lovebird menggigit karena mereka merasa terancam atas kedatangan tangan anda, jika mereka sudah terbiasa dan tidak mempersepsikan tangan sebagai sumber bahaya maka mereka tidak akan menggigit untuk bertahan hidup. Setelah dewasa mereka tidak akan menggigit tangan anda sebagai sumber bahaya meskipun mereka mungkin masih akan 'mencubit' tangan anda. Bisa baca juga album foto saya yang membahas cara menjinakkan lovebird, baik yang dewasa maupun yang anakan.

MAKANAN LOVEBIRD
----------------------------
Di alam liar lovebird mempunyai berbagai sumber makanan, mulai dari daun-2-an dan biji-2-an sampai cacing. Hal kelengkapan gizi perlu diperhatikan untuk lovebird untuk menjaga kesehatan mereka dan agar mereka juga bisa berumur panjang. Umur rata-2 lovebird di alam liar adalah sekitar 7 tahun dimana LB yang sudah cenderung tua akan berkurang gesitnya dan kemungkinan termangsa oleh binatang pemburu. Jika dipelihara dengan baik lovebird bisa hidup sampai 15 tahun lebih

Makanan kering:
Untuk makanan sehari-2, bisa diberikan biji-2-an mulai dari millet putih, biji kenari, biji bunga matahari, millet merah, ketan hitam, batang padi, dll. Perlu diperhatikan jangan terlalu banyak diberi biji bunga matahari karena kandungan lemaknya yang tinggi (1 sendok teh / hr). Batang padi juga merupakan bahan sarang atau bahan mainan dari lovebird.

Makanan basah:
Untuk sayur-2-an, bisa diberikan secara selang seling berbagai macam sayuran hijau yang juga dimakan manusia. Saya sendiri memberi LB saya berselang-seling sayur mulai dari kangkung, sawi hijau, sawi daging, brokoli, paprika, bayam merah, bayam, timun, dll. Jangan lupa sedikit wortel (diparut) untuk kelengkapan vitamin A, meskipun tidak semua LB doyan wortel. Jika lovebird anda tidak suka sayur, bisa dibantu dengan menggantung satu batang panjang sayur tersebut dari atap kandang, sehingga lovebird bisa terpancing untuk bermain dan mencicipi sayur tersebut. Untuk lovebird yang sedang bersarang, jangan diberi sayur dalam bentuk panjang karena mereka akan membawa sayur panjang ini kedalam kotak untuk dijadikan bahan sarang, sayur tersebut akan membusuk dan berjamur. Potonglah pendek-2 sekitar 1cm.

Untuk lain-2-nya bisa diberikan jagung muda maupun jagung manis dan juga biskuit bayi. Buah-2-an juga bagus untuk lovebird asal diperhatikan kulitnya (tercemar pestisida) dan biji-2 dalam buah tersebut (mengandung sianida). Buanglah kulit dan biji sebelum memberikan ke lovebird. Jangan terlalu banyak dan terlalu sering memberi buah kepada lovebird karena sifatnya yang laksatif, terlalu banyak akan mengakibatkan diare (10% dari jumlah makanan cukup). Telur rebus (rebusan 15 menit) yang dipenyet bisa dicampurkan juga ke mangkuk makanan basah, juga nasi dan kacang hijau rebus yang sudah lunak

Untuk air perlu diperhatikan karena LB suka untuk membuat "sup" di mangkok air mereka dan juga suka untuk mandi disana. Jagalah tempat air mereka sejernih mungkin, minim sehari sekali harus diganti airnya. Tidak ada keharusan untuk menggunakan air matang tetapi jika bisa mengapa tidak. Jika lovebird anda bisa menggunakan botol minum (ala hamster), gunakanlah botol ini karena akan mengurangi resiko tercemarnya air minum

Terakhir perlu ditaruh asinan / tulang ikan cumi untuk keperluan kalsium, terutama jika lovebird sedang bertelur. Sebagian besar lovebird mengerti bagaimana untuk mengkonsumsi asinan ini tapi jika tidak, bisa diparut diatas makanan sehari-2 mereka.

RACUN MAKANAN dan BAHAYA LAIN UNTUK LOVEBIRD di RUMAH

Dari segi makanan, hal-hal ini adalah racun untuk lovebird:
  1. Buah alpukat, umum beracun untuk binatang, bukan hanya burung saja, merusak fungsi jantung dan hati, mengakibatkan kematian.
  2. Coklat, dalam bentuk apapun, menyebabkan muntah-2 dan mencret pada burung. Juga merusak fungsi saraf dan akan menyebabkan kematian.
  3. Alkohol, menekan fungsi organ tubuh dan menyebabkan kematian.
  4. Biji-2-an beberapa buah seperti apel, cherry, aprikot, pir, dll. Ini karena biji buah tersebut mengandung sianida. Jika termakan orang tidak bermasalah karena berat tubuh orang puluhan kilo, berat tubuh lovebird 45-58 gram sehingga kadar keracunan akan tinggi. Sebisa mungkin singkirkanlah biji-2 buah sebelum disajikan.
  5. Kulit buah/sayur mayur yang tersiram pestisida, terutama pear/apel, meskipun tidak semua kulit tersiram pestisida. Untuk sisi aman, sebisa mungkin kupaslah kulit buah sebelum menyajikan ke lovebird.
  6. Kafein, terdapat dalam kopi, teh dan soda (coca-cola, sprite, dll). Menyebabkan hiperaktifitas dan menganggu fungsi jantung. Orang yang minum kopi sebelum makan bisa merasakan jantung berdebar-2, apalagi lovebird.
  7. Jamur-2-an, bisa menganggu fungsi saluran pencernaan dan gagal ginjal.
  8. Garam, menyebabkan dehidrasi dan merusak fungsi ginjal.
  9. Tangkai dan daun dari buah tomat, lebih baik dihindari saja buah tomat.
  10. Asap rokok, mengganggu saluran pernafasan dan bisa menyebabkan iritasi mata, jangan meremehkan hal ini

Dari segi rumah tangga, hal-hal ini perlu diperhatikan
  1. Microwave: mengeluarkan zat kimia waktu dipanaskan, beracun untuk lovebird. Jauhkan lovebird anda dari area microwave.
  2. Apapun yang berlapis Teflon / anti lengket. Waktu dipanaskan, teflon menguapkan zat kimia yang beracun untuk lovebird, jauhkan lovebird anda dari teflon.
  3. Kaca bening, jika lovebird terbang dan tertabrak bisa cedera, sama jika kita berlari kecepatan penuh terus menabrak tembok.
  4. Zat kimia perbersih kaca, zat kimia lain2.
  5. Dapur, banyak barang-2 didapur yang berbahaya untuk lovebird, gas, kompor, dll
  6. Lubang wastafel / kamar mandi / kakus terbuka, lovebird bisa tenggelam di dalamnya.
  7. Jika anda mempunyai kucing, air liur kucing mengandung bakteri yang beracun terhadap lovebird (dan burung2 lain), pisahlah tempat makan / minum dan daerah mereka, tentunya ada bahaya lain yaitu lovebird anda disantap si kucing

HAL-HAL LAIN
--------------------
Lovebird perlu bahan kayu untuk 'dihancurkan', seperti burung paruh bengkok pada umumnya. Untuk soal ini bisa diberikan tempurung kelapa yang digantung di atap kandang.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. artikel yang bagus :)
    ijin share inovasi pencegah burung memakan anakanya sendiri, membuang telur dll gara-gara merasa terganggu di kotak sarangnya kunjungi http://gaeweb.blogspot.com/2015/03/kotak-sarang-lovebird-ber-cctv.html

    BalasHapus