Selasa, 23 Oktober 2012

Manfaat salak dan aneka buah lainnya untuk burung pemakan buah

Manfaat salak dan aneka buah lainnya untuk burung pemakan buah

Ane pernah mencoba ( ini adalah memang faktor sengaja..untuk mencari settingan ) dengan beberapa buah dan obat2xan baik untuk AM, AK dan CI bahkan burung yang lain.
beberapa buah yang saya pergunakan adalah, salak, Apel, Tomat, Pisang kepok putih, pisang kepok kuning, pisang ambon, jambu air, nanas, belimbing, semangka dan melon.
Beberapa buah akhirnya saya tinggalkan begitu saja... karena bosen nyobanya, tapi buah yang lainnya tetap saya pergunakan dan Ada beberapa kesimpulan yang saya peroleh dari pemakaian tersebut antara lain :
1. Salak masir : ===> berfungsi menaikkan birahi..walaupun tidak seperti efek apel pada Am.. tapi cukup baik untuk diberikan pada Am yang birahi nya kurang dan kotorannya lembek. Biasanya setelah dikasih salak < 1 minggu kotorannya jadi agak kering. tp saat ini cara ini sudah saya tinggalkan karena ada Voer yang bisa membantu agar kotoran tidak becek. Pemberian diberikan 1-3 hari ( klo tiap hari ane blm pernah coba.. kasihan nanti yg dirumah gak dapat jatah salak )

2. Apel ==> membuat suara lebih bening dan sedikit memacu birahi , burung dengan type AK, Am dan CI cukup baik untuk di kasih apel..terutama apel yang masir.
3. Tomat : ==> Biasanya tomat ane berikan untuk burung yang over birahi.. dana menjadi solusi terakhir bila cara lain seperti, pepaya, mandi dan charge tidak mengurangi birahinya, jadi saya pergunakan tomat selama 1-3 hari untuk menurunkan birahi. Pada th. 2002 ane semapat menjadi bahan tertawaan orang-orang karena menggunakan buah tomat untuk AK dan AM, namun saat ini sepertinya orang sudah mulai mengekor menggunakan tomat. Ada sedikit efek samping untuk penggunaan tomat sebagai penurun birahi yaitu apabila keseringan dalam pemberiannya.. misal 1 bln diberikan 10 kali..basanya akan berefek AM atau AK akan menjadi susah mabung. ( percaya or tidak itu urusan anda ya...bukan urusan ane karena dalam hal ini ane mencoba untuk ± 11 AK dan AM ane... )
4. Pisang ambon :==> sering saya pergunakan untuk AK or Am yang susah mabung pemberian 2 hari sekali ± 2 minggu dah mulai keliatan rontoknya
5.Jambu air : ==> saya pergunakan untuk menurunkan birahi Am or Ci.. terutama bila pepaya masih kurang berefek terhadapa penurunan birahi.
6. melon : ==> hanya 3 kali coba untuk Ci dan hasilnya kotoran becek..dan ogah nerusin.

Beberapa buah lain sepertinya tidak terlalu menarik untuk di coba.. kecuali buah Ceryy yang sering terdapat di halaman rumah.. ada beberapa burung yang lumayan terpacu birahinya dengan buah ni..sayang burung ane pada gak suka..jadi susah nyobanya.

Waduh.. dah kebanyakn nih nuslisnya..... sorry ya... mo kerja dulu deh... he..he.heh.e.

Sebagai catatan.. InsyaAllah semua yang ane tulis diatas itu sudah ane coba dari th 2002 sd 2005 an dan dengan masa percobaan ada yang lebih dari 1.5 th ( he..he.. karena yang ini dikerjaain burung 2 thn gak mau ganti bulu.. cuma lidi doang alhamdulillah.. jadi tahu deh rahasia tomat dan pisang ambon ) he..he.


sumber : Kicaumania.org

1 komentar: