Sabtu, 15 Maret 2014

Memilih, menangkap, menjinakkan, dan melatih burung gereja liar untuk masteran

Burung gereja (Passer montanus) termasuk salah satu burung master yang banyak digunakan kicaumania untuk memaster aneka burung kicauan di rumah. Ada yang menggunakan audio mp3 suara burung gereja tarung, dan ada juga yang memilih memelihara beberapa ekor burung gereja di rumah. Jika berminat ingin memelihara untuk masteran, berikut ini panduan mengenai bagaimana memilih, menangkap, dan melatih  burung gereja liar.
gereja berantemSaat ini makin banyak kicaumania yang memiliki burung gereja dan merawatnya sebagai burung master. Sebagian memperolehnya dari pasar burung, sebagian lagi sengaja mencari atau menangkapnya dari alam, terutama dengan cara menjebak.
Jadi, konteks memilih dalam artikel ini adalah bagaimana cara memilih burung gereja liar di pasar burung (biasanya dalam kandang ombyokan).
Sedangkan konteks menangkap dalam artikel ini adalah ketika Anda ingin memperoleh burung gereja dari alam, entah di lingkungan rumah, taman kota, dan sebagainya.
Burung gereja memang mudah ditemukan di lingkungan sekitar rumah. Burung gereja termasuk salah satu jenis burung yang paling mampu beradaptasi dengan lingkungan perkotaan. Hal ini bukan hanya terjadi di negara kita saja, tetapi juga di sejumlah negara Eropa, Asia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.
Bahkan, sesekali kita sering melihat pedagang burung gereja menawarkan daganganya di depan sekolah dasar, dijual dengan harga Rp 3.000 – Rp 5.000, untuk mainan anak-anak.
Tetapi burung gereja yang sudah jinak, rajin bunyi, dan nyerecet panjang tentu tidak lagi dihargai semurah itu. Burung gereja dengan kualifikasi seperti itu jelas membutuhkan perawatan dan biaya tersendiri.
Selain itu, sebagian kicaumania pasti juga tahu betapa sulit menjinakkan burung gereja yang masih liar. Betapa banyak waktu yang terbuang hanya untuk merawat dan memberi pakan anak-anak burung gereja sampai menjadi dewasa dan rajin berbunyi.

MEMILIH BURUNG GEREJA LIAR UNTUK MASTERAN
Syarat pertama untuk mendapatkan burung gereja liar yang bisa digunakan untuk masteran adalah jenis kelamin harus jantan. Sebab hanya burung gereja jantan yang memiliki suara kicauan khas, dan banyak dicari sebagai masteran.
Suara burung gereja jantan, apalagi jika jumlahnya lebih dari satu, akan menghasilkan kombinasi suara cerecetan yang ramai dan biasa dikenal dengan istilah suara burung gereja tarung.
Untuk mengetahui bagaimana perbedaan burung gereja jantan dan betina, silakan cermati gambar berikut  ini:
Beda jantan betina burung gereja

      Perbedaan burung gereja jantan (atas) dan betina (bawah) | Foto:Hidephotography
-
Jadi, bagi sobat kicaumania yang tak mau repot-repot menangkap, tips memilih burung gereja liar ini bisa dipraktikkan saat hunting ke pasar burung di daerah masing-masing.


Semoga bermanfaat

Sumber : Om Kicau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar